• Selasa, 27 September 2022

Jelang Ibadah Haji, Inilah Macam-Macam Cara Melaksanakan Ibadah Haji

- Jumat, 17 Juni 2022 | 20:28 WIB
Ibadah Haji (Canva Pro)
Ibadah Haji (Canva Pro)

Beritaria.com - Haji merupakan salah satu rukun islam. Sehingga merupakan kewajiban bagi yang memenuhi syarat seperti mampu dalam harta uang, fisik maupun keamanannya.

Dari segi bahasa haji adalah sengaja mengunjungi kakbah untuk melakukan berbagai amal ibadah dengan syarat-syarat yang telah ditentukan.

Macam-macam cara melaksanakan ibadah haji antara lain adalah

  • Ifrad, adalah mengerjakan haji terlebih dahulu baru mengerjakan umrah.
  • Tamattu’, adalah mengerjakan umrah terlebih dahulu baru mengerjakan haji.
  • Qiran, adalah mengerjakan haji dan umrah secara bersama-sama.

Terjadinya perbedaan dalam pelaksanaan ini biasanya disebabkan karena waktu datangnya berbeda-beda.

Ada yang datang terlebih dahulu adapaula yang di tengah-tengah. Namun apabila dilakukan dengan cara Ifrad yaitu dimulai dari ibadah haji kemudian dilanjutkan umrah maka tidak terkena dam / denda.

Baca Juga: Memasuki Masa Ibadah Haji, Inilah Batas Tempat Memakai Kain Ihram yang Harus Diketahui

Berbeda dengan haji Tamattu’ dan Qiran maka harus membayar dam / denda seperti menyembelih 1 ekor kambing, namun kalau tidak bisa maka berpuasa selama 7 hari.

Haji Tamattu’ ialah berihram untuk umrah pada bulan-bulan haji (Syawwal, Dzulqaidah dan sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah), dan diselesaikan umrahnya pada waktu-waktu itu. Kemudian berihram untuk haji dari Mekkah atau sekitarnya pada hari Tarwiyah (tanggal 8 Dzulhijjah) pada tahun umrahnya tersebut.

Haji Qiran ialah, berihram untuk umrah dan haji sekaligus, dan terus berihram (tidak tahallul) kecuali pada hari nahr (tanggal 10 Dzulhijjah). Atau berihram untuk umrah terlebih dahulu, kemudian sebelum melakukan thawaf umrah memasukkan niat haji.

Halaman:

Editor: Abdullah Husen

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X