• Jumat, 1 Juli 2022

Pengertian dan Ketentuan Melaksanakan Ibadah Ihram

- Jumat, 17 Juni 2022 | 20:49 WIB
Ilustrasi Ihram (Canva Pro)
Ilustrasi Ihram (Canva Pro)

Beritaria.com – Terdapat beberapa peraturan yang harus diikuti umat Muslim dan hukumnya wajib Sebelum melakukan ibadah umroh atau haji. Salah satu kewajiban pemeluk agama Islam saat umroh atau haji yang harus dilakukan agar ibadah kamu diterima Allah dan mendapatkan haji mabrur adalah ihram.

Simak lebih lanjut untuk mengetahui makna ihram dan sejarah singkatnya di bawah ini!

Pengertian Ihram

Ihram merupakan keadaan di mana seseorang sudah meniatkan hatinya untuk melaksanakan ibadah haji atau umroh. Ihram tidak bisa dilakukan sembarangan, karena niat ini harus datang dari dalam hati bahwa kamu ingin melakukan ibadah umroh atau haji dengan sungguh-sungguh.

Ihram harus dilakukan sebelum pergi ke miqat dan diakhiri dengan tahallul, tahallul sendiri mempunyai arti kegiatan mencukur rambut, minimal 3 helai.

Baca Juga: Jelang Ibadah Haji, Inilah Macam-Macam Cara Melaksanakan Ibadah Haji

Ketika seseorang sudah melakukan ihram, maka ia harus mengikuti peraturan dan ketentuan yang berlaku ketika sedang pergi umroh atau naik haji.

Sunnah Umum dalam Ihram

Terdapat beberapa sunnah umum yang harus diikuti dalam ihram, seperti mandi agar badan tetap bersih ketika melakukan ibadah, membersihkan diri dari segala macam kotoran, memotong kumis jika sudah panjang agar tetap rapi, dan menggunakan wewangian sebelum ihram.

Halaman:

Editor: Abdullah Husen

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X